SEKILAS INFO

     » APABILA TERJADI BENCANA HUBUNGI BPBD KAB MADIUN ALAMAT JALAN RAYA SOLO NO.71 JIWAN (0351) 462787
Visi dan Misi
Diposting tanggal: 31 Mei 2010

 

VISI

BADAN PENANGGULANGANH BENCANA  DAERAH KABUPATEN MADIUN

 

Visi Badan Penanggulanganh Bencana  Daerah Kabupaten Madiun Tahun 2013 - 2018 adalah : “ Terwujudnya Penyelenggaraan Penanggulangan Bencana secara cepat , tepat dan terintegerasi “  Adapun makna dari Visi tersebut adalah :

  1. Penyelenggaraan Penanggulangan Bencana berarti serangkaian upaya yang meliputi penetapan kebijakan pembangunan dalam mengurangi resiko timbulnya bencana, kegiatan pencegahan bencana, tanggap darurat dan rehabilitasi dan rekonstruksi;
  2. Secara Cepat berarti Penanggulangan Bencana pada saat tanggap darurat dilaksanakan secara reaktif, efektif dan efisien mengupayakan langkah-langkah untuk meminimalisir kerugian dan dampak bencana;
  3. Tepat berarti upaya-upaya penanggulangan bencana prosedur yang sudah ada dan harus tepat sasaran;
  4. Terintegrasi berarti penanggulangan bencana meliputi pra bencana, saat tanggap darurat dan pasca bencana;  

Untuk dapat mewujudkan visi dari Badan Penanggulangan Bencana  Daerah Kabupaten Madiun tersebut dinyatakan dalam Misi sebagai berikut :

  1. Meningkatkan pelaksanaan  koordinasi dan konsultasi penanggulangan bencana denganh instansi terkait baik tingkat daerah, propinsi maupun pusat;
  2. Meningkatkan kapasitas SDM dalam Penanggulangan Bencana
  3. Meningkatkan sarana dan prasarana dalam pelaksanaan penanggulangan bencana;
  4. Pengurangan Resiko bencana danmeningkatkan kegiatan Rehabilitasi dan rekonstruksi;

 

 

MISI

BADAN PENANGGULANGANH BENCANA  DAERAH KABUPATEN MADIUN

 

 

Misi Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Madiun 2013 – 2018 adalah sebagai berikut :

  1. Meningkatkan pelaksanaan koordinasi dan konsultasi penanggulangan bencana dengan instansi terkait baik tingkat daerah, propinsi maupun pusat. Misi ini mewujudkan pelaksanaan koordinasi dan konsultasi penanggulangan bencana secara cepat, tepat dan terintegrasi.
  2. Meningkatkan kapasitas SDM dalam penanggulangan bencana . Misi ini mewujudkan profesionalisme aparatur dan masyarakat pelaksanaan dalam penanggulangan bencana.
  3. Meningkatkan sarana dan prasarana dalam pelaksanaan penanggulangan bencana . Misi ini mewujudkan sarana dan prasarana yang memadai dalam pelaksanaan penanggulangan bencana.
  4. Mengurangi  / pengurangan resiko bencana. Misi ini untuk menguatkan meningkatkan pengetahuan ketrampilan serta kesadaran masyarakat dalam mengurangi resiko terjadinya bencana atau dampak bencana yang lebih luas.
  5. Melaksanakan rehabilitasi dan rekontruksi pasca bencana . Misi ini untuk mewujudkan kapasitas perencanaan dalam pemulihan dan membangun kembali Sarana  prasarana / Infrastruktur yang terdampak bencana yang meliputi tindakan rehabilitasi dan rekontruksi setelah terjadi bencana.
  6. Mensinergikan antara pemerintah, masyarakat dan dunia usaha dalam penanggulangan bencana. Misi ini mewujudkan sistem penyelenggaraan penanggulangan bencana yang handal dan menjadikan kewajiban bersama dalam Penanggulangan Bencana.